Inilah diriku (part 1)

Jumat, 30 Maret 2012

Pagi ini, hari pertama adit masuk sekolah baru. Sebuah SMP terkemuka di Bandung yang terkenal dengan seninya. “ Adit, ayo cepat turun, sarapan dulu. ““ iya mah .. “ Jawab Adit yang belum selesai mengenakan dasinya. “ mah benahin dong, susah.” Pinta adit sebagai anak tunggal yang paling manja di keluarganya. TET. “ mah, adit berangkat dulu ya “ kata Adit sambil mengelap bibirnya yang belepotan dengan air susu yang ia minum. “ ati2 ya dit, jangan nakal di sekolah. Nanti pulangnya kamu tunggu di depan gerbang jangan kemana mana sampai papa jemput kamu lho” “iya mah.” Sampainya di depan gerbang sekolah. “adit berangkat ya pah. “keluar dari mobil. panggilan ayah adit yang menghentikan langkahnya “Eits tunggu dulu dit, sini papa cium dulu. Emuach .. jangan jajan sembarangan, jangan nakal, belajar yang baik ya “ ciuman kening ayahnya untuk adit membuatnya ditertawakan anak2 yang lain. Dengan penampilan ala anak mama adit memasuki halaman sekolah. Karena bingung dimana kelasnya ia bertanya dengan salah seorang cewek dengan rambut berantakan yang sedang duduk nyingkrang di pinggir lapangan basket sambil membaca komik. “ emm .. sory kelas 9C mana ya ?” suara lirik adit dari belakang sepertinya tak digugu oleh cewek itu. “ hello ? sory .. 9C mana yaa ?” sambil berdiri didepan cewek tersebut. “ hah ? lo bicara sama gw ? sorry .. gw make handphone jadi gak denger. Lo tanya apa tadi ?” dengan nadanya yang sedikit linglung ia bertanya kepada adit tanpa melepas handphonenya seakan sengaja mengerjai adit. “ Dimana kelas 9C !” teriak adit dengan kerasnya yang membuat anak2 sekitar lapangan terdiam melihat perilaku adit.” Apa lo ! pergi ato mati !”ujap cewek itu dengan kerasnya yang membuat adit takut. “tuh cowok anak baru ya ? berani banget mbentak2 vero” bisik seorang siswa dengan temannya yang melongo melihat perilaku adit. “ heh ! lo anak baru sini !” undang cewek cantik yang berdiri didepan toilet siswa. “ aku ?” dengan bahasa isyaratnya adit menunjuk dirinya sendiri. “ iya sini cepetan “. Adit yang sudah merasa takut segera berlari dan membuat orang2 disekitarnya kembali beraktivitas. “ lo anak baru ya ?” “ iya “ “aduh, untungnya vero masih baik sama lo tadi kalo enggak mampus lo” “ hah ? mam .. mam apa’an sih tadi ? “ Tanya adit yang merasa asing dengan perkataan itu. “ mam-pus! Jangan lagi2 lo gitu’in vero. Dia itu ketua basket putri di sekolah ini. Dia garang. Semua siswa takut sama dia “ “ ish .. ngeri .. padahal aku Cuma Tanya dimana kelas 9C” “ sini gw anterin ke kelas lo “ kata cewek itu sambil menarik tangan adit.dan selama perjalanan ke kelas mereka berbincang2. “ nama lo siapa ? “ Tanya cewek itu “ nama gw adit “ sambil menjulurkan tangannya dan behenti berjalan. “ ngapain lo berhenti ?gw cika .. gw juga kelas 9C lo .. “ “ oh cika , kenapa ? aneh ya ? kata mamaku kalo kenalan sama anak baru itu yang sopan itu kayak tadi “ “ bukan aneh lagi tapi malu2’in dit. Oh ya ini kelas kita “ “ wah makasih ya udah nganterin aku “ “ oke, em daripada nanti lo kesasar lagi and Tanya sama vero lagi, mending sekarang gw ajak lo keliling2 sekolah dulu” “eh .. “ ucap adit yang belum selesai karena ditarik cika. “ ini taman belakang sekolah, tempat paling gw suka.” “ bagus , lebih bagus dari sekolah gw dulu, oh iya cerita’in lebih lanjut tentang vero dong “ “ vero itu kumpulnya sama anak2 basket mereka kejam, apapun yang mereka ingin gak ada yang bisa ngelak.” “kok gitu ? kita kan sama2 bayar sekolah “ “ iya sama2 bayar sekolah, tapi orang tuanya itu pemilik yayasan disini.” “oh … gitu “ “ati2 aja lo dit, dia suka ngerjain anak baru di sini. Nah lo liat cewek kuncir kepang yang duduk itu ? dia anak baru kemarin dia di ceburin ke kolam ikan, sambil rambutnya dikuncir kayak anak2 gitu” “ ya ampun kejem banget, kalo mamaku tau pasti dimarahin” “ makannya lo ati2 .. “ “ oh ya dit, ngomong2 kenapa penampilan lo kayak anak sd gitu sih “ ejek cika sambil tertawa lirih. “ eh .. enak aja kalo ngomong kata mamaku penampilan kayak gini itu penampilan yang keren.. gak senonoh “ “ senonoh ? emang apa’an gitu ? em liat itu cowok yang duduk di taman, namanya Kevin.. dia cwok popular di seklah ini. “ “waw “ “ lo juga bisa kayak dia ..” “ aku pingin sih .. tapi nanti kalo dimarahin mama ?” “ enggak ,, enggak, masak ya mama lo gak suka ngeliat anaknya cakep “ “ em .. “ “ nanti jam 3 sore gw tunggu di taman deket sekolah, kita make over muka lo, gw ga bakaln pergi kalo lo belom dateng” “ iya deh” Bell masuk berbunyi adit dan cika segera masuk kelasnya. Sepulang sekolah, adit yang terlihat lelah membaringkan dirinya di tempat tidurnya tak disangka ia ketiduran deh. CETARR !! sura gemuruh petir menyambar dan menyadarkan adit dari mimpi2nya. “ hujan .. “ ia hanya bangun sebentar dan kembali tidur. Merasa ada yang aneh adit melihat jam di sebelahnya tepat pukul 17:30 ia tersadar dengan janjinya dengan cika. Dengan bergegas adit berlari mengambil paying dan segera menemui cika. Terlihat cika yang Nampak menggigil di bangku taman yang sudah tergeng air hujan. “ maaf ka gw tadi ketiduran .. kenapa lo nunggu’in gw sih ?” “ gw .. kan udah bilang gw gak bakalan pergi sampek lo dateng … “ Saat itu juga badan cika terjatuh dari bangku kursi dan pingsan. Adit merasa gugup karena baru pertama kalinya ia menggendong seorang wanita yang bukan sedarah dengannya. “ dok bantu teman saya dok, dia hujan2 sudah sekitar 2 jam dok “ “ iya, saya akan bertindak semaksimal mungkin dek.. sebaiknya adik pulang dan mandi, supaya adik tidak ikut sakit “ “ enggak deh dok, saya mau nemenin cika “ Terlihat cika terbaring lemas diranjangnya dan adit yang tertidur pulas disampingnya. Perlahan tapi pasti cika membuka matanya. “ gw sukses..” “ ka, lo udah bangun ? gimana ? pusing ? gw panggilin dokter yah ?” “ apa’an sih lo ! gw gak kenapa2. “ desah cika sambil menjenggung kepala adit “ sakit tau.. sorry ka gara2 gw lo jadi masuk rumah sakit deh “ “ gak apa2 yang penting gw sukses bikin lo gak jadi anak mami .. “ “ iya sih, tapi gak make ngorbanin hidup lo juga ka .. “ “ Aaa, besok kalo gw udah masuk sekolah, gw tulis tuh dimading sekolah judunya ‘ Super Hero BENERAN ‘ pasti pada kagak nyangka kalo lo gendong gw dari taman sekolah sampek rumah sakit.” “ ehehe, bisa aja lo “ “ kalo gw punya jempol 1000 gw kasih itu semua ke lo .. good luck buat selanjutnya “ “ selanjutnya apa’an lagi ?” Karena tak ingin adit mengetahui rencananya cika hanya memalingkan pandangannya ke dinding2 rumah sakit. Keesokan harinya disekolah, adit masuk sekolah. Langkah2 kecilnya membuat pandangan anak2 tertuju padanya. Puluhan mata memandang ke arah adit seakan2 kagum padanya. Begitu kagetnya adit hingga ia memutar dirinya, dan tak ada apapun yang aneh darinya hari ini. Bruak .. ! adit menabrak anak basket putri, termasuk vero. “ oh ini super hero sekolah kita ?” ucap vero mengejek adit. “ dungu ! “ ucap nugi ketua regu basket putra. “ ahaha .. gw dong dit, gw juga mau lo gendong kayak cika .. “ jawab vero “ emang dia kuat ? paling baru satu langkah dia udah jatuh terus nangis deh ! “ tambah nugi. “ lo .. lo .. gw bisa ! gw gak lemah ! “ bentak adit sambil menunjuk kearah nugi yang membuatnya marah. “ kampret lo ! “ genggaman tangan nugi yang keras tertuju kemuka adit. “ udah deh nug ! udah !, ngapain ngurusin cowok setengan cewek ini .. pergi aja deh ! “ ucap vero yang mengajak nugi dan regunya meninggalkan adit. Selama 3 hari ini cika belum masuk sekolah, dan adit masih terlihat lemah disekolahnya. Tekad adit semakin bulat untuk merubah dirinya menjadi seorang lelaki, yang tidak terkait dengan ibunya. Siang ini jam istirahat adit hanya memegang buku yang bejudul ‘ Cara menggait cewek’ dipinggir lapangan basket ia duduk bersandar di bangku taman. Tiba2 meluncur cepat lemparan bola basket kea rah mukanya. “ eh lo awass !” teriak vero. Adit tak sadarkan diri. Ia pingan hanya karena tertimpa bola basket. Oke itu menjadi salah satu factor adit yang lemah. “ gw dimana ?” Tanya adit yang baru saja tersadar. “ lo di UKS. Tadi lo pingsan kena bola gw !” jelas vero. “ kepala gw pusing.” “ gitu aja pusing ! “ “ siapa yang bawa gw kesini ver ? “ “ g.. gw “ jawab vero dengan ragu. “ wah lo keren ya bisa gendong gw .. padahal gw cowok dan lo cewek. “ “ itu karena lo lemah !” “gw udah tegasin beberapa kali sih ? gw gak cowok lemah, liat gw baca buku apa tadi, itukan buku bacaan cowok2 ver “ “ lo mau jadi kayak cowok ? yang terkenal kayak nugi gitu ?” ejek vero “h’em “ “ lo bisa ganti’in posisi nugi kalo lo bisa jadi ketua regu basket putra” “ tapi gw gak bisa basket “ “ gw .. gw bantu lo “ “ hah ? beneran ver ? lo gak lagi njebak gw kan ?” “ hari senin sore, jam 3 “ vero yang merasa gugup begitu saja meninggalkan adit tanpa ada kesepakatan pasti dengan adit. Beberapa hari berikutnya cika sudah mulai aktif disekolah. Sore ini cika akan membawa adit ke salon kecantikan di mall terkemukan di bandung. “ lo nyuruh gw masuk sini ? mau lo apa sih ? bantu gw jadi cowok ! ato biking w makin lemah di mata temen2 sekolah ?” “ aduh, lo masuk aja deh, ntar lo liat aja hasilnya” Detik jam terus bergerak, waktu demi waktu terlihat cika yang tertidur di sofa salon karena kelelahan menunggu adit. “ ka, cika .. bangun .. udah selesai nih “ “ hah ? lo adit ? lo beneran adit ?” “ iya .. “ “ ah … lo cakep banget “ saking senangnya cika langsung memeluk adit yang memecah keheningan disekitarnya. Ada suatu yang berbeda dengan adit. Dengan rambut ala harajuku style tanpa kacamata membuat suatu perubahan drastic pada adit. Ia kini lebih terlihat ganteng, mungkin kalo di tafsir kayak marchel chandrawinata lah hehehe. Saat pulang mamanya terkejut. “ maa, aku pulang “ “ eh . kamu adit ? “Tanya mamanya karena heran dengan penampilan baru anaknya. “ iya lah ma , gimana ma ? baguskan ? cika yang bikin adit kayak gini mah .. keren kan hahah “ “ kamuu cakep banget dit, ah mama bangga punya anak ganteng kayak kamu” Esok harinya hari minggu, cika ngajak adit lari pagi di taman komplek rumah mereka yang ternyata bertetangga. Sepanjang mereka berlari para kaum hawa malihat adit dengan terpelongo seakan tak yakin akan kehadiran adit. Ketika mereka melewati air mancur di tengah taman, adit tak sengaja melihat vero yang sedang melatih kelenturan tubuhnya. Entah mengapa jantung adit berdebar keras sekali, dan membuatnya tersenyum sipu melihat vero disabrangnya. “ dit, lo kenpa ?” Tanya cika sambil melambaikan tangannya didepan muka adit yang membuatnya tersadar dari lamunannya. : eh gak apa2 . ayo lanjut lari”. Senin, hari pertama bagi adit untuk menunjukan penampilan barunya di sekolah. Seperti biasa ketika adit memasuki sekolah dengan bergandengan dengan cika semua anak melihatnya, namun kali ini beda, pandangan mereka tak seperti pandangan aneh, namun ini pandangan terkagum kagum. Vero yang sedang bermain basket di lapangan menghentikan trackballnya. Sepanjang hari ini adit selalu didekati banyak cewek di sekolahnya. Namun adit menarasa bukan mereka yang ia inginkan. Sore harinya adit tak melupakan janjinya dengan vero tepat pukul 3 sore ia pergi menemui vero di sekolah. Tampak vero sedang asik memainkan bolanya sendirian. “ lo dateng juga “ ucap vero. “ iya lah, tekad gw udah bulat “ Vero mulai mengajari semua tentang basket kepada adit, hingga akhirnya adit siap untuk mempraktekkan apa yang telah diterangkan oleh vero. Menurut vero adit bukan orang yang susah untuk diajari. Ia mudah mengerti apa yang vero maksud. “ main lo bagus juga “ puji vero sambil memberi sebotol air mineral kepada adit “thanks, lo juga, udah mahir malah. “ “ kalo lo rajin latihan lo gak bakalan lama lagi bisa gantiin posisi nugi di sekolah ini.” “ yeah,” Berbulan2 berlalu, semakin hari semakin adit menguasai pelajaran basketnya dan semakin dekat dengan vero. Hingga saatnya beberapa bulan lagi akan diadakan ujian nasional, adit meghentikan latihannya dan konsen pada ujiannya. Tiba dimana saatnya pengumuman kelulusan siswa siswi tertulis di depan kantor TU ‘ aditya kusuma prabandono : LULUS ‘ dengan senangnya adit loncat2 dan memeluk cika. Selama satu tahun ini adit sangan dekat dengan cika, dan sebaliknya cika seperti sudah menganggap adit sebagai kekasihnya. Ketika perpisahan sekolah adit mencari vero untuk member sekamat atas kelulusannya. Namun tak terlihat vero yang ia nanti2kan. Adit mencarinya hingga ia bertemu dengan intan sahabat vero. “ tan lo tau vero dimana ? gw cari dia kok dia gak dateng ya ?” “ gw gak tau .. tapi dia titip gw ini buat lo “ intan memberikan amplop kepada adit “ oh oke, makasih ya “ Pukul 10 malam acara perpisahan selesai, adit kembali kerumahnya. Ketika ia hendak membereskan pakaiannya ia menjauhkan amplop dari vero yang membuatnya penasaran dengan isinya. Saat hendak tidur adit menyempatkan diri untuk membuka amplop itu dan isinya dalah surat. To : Aditya kusuma prabandono Hei bro .. giamana ? lulus ? pastinya lo kan otak encer. Lo pasti heran sama isi amplop ini. Jangan2 lo piker gw mau kasih duit ke lo ? ih ogah .. sory deh dit gw gak ngasih lo duit .. gw cumin ngasih lo selembar kertas yang mungkin gak berguna bikin lo. Sory dit, kalo gw gak bilang2 lo sebelumnya. Gw smanya di batam. Gw ngikut bokap gw pindah tugas kerjanya disono. Gw udah pindah kesana setelah ujian selesai. Ha ha . sory juga kalo lo bakalan kehilangan guru basket terkemukan kayak gw, GRATIS lagi. Lo harus bisa jadi apa yang lo ingin dit, lo harus bisa geser posisi nugi di sekolah. Gw janji sama lo gw bakalan balik lagi ke bandung 2 tahun lagi, dang w harap saat itu lo udah mahir basket kayak gw dit. Oke ? cayoo yaa guys .. lo murid gw yang paling cakep hehehe .. Bye dit .. gak usah bales ini surat, soalnya ini alamat bukan alamat rumah gw ahaha … lo harus janji sama gw .. tunggu’in gw ya dit .. Sohib lo Vero “ gw janji ver, gw bakaln geser posisi nugi di sekolah, dang w tetep nunggu’in lo “

0 komentar:

Total Tayangan Halaman